Forum Silaturrahmi Organization Of Gold

Thursday, March 10, 2011

MANFAAT SILATURRAHMI

Kata silaturrahmi berasal dari Bahasa Arab yang terdiri atas dua kata shillah berarti hubungan, pertautan, jalinan atau sambungan dan rahm berarti kasih sayang. Silaturrahmi berarti jalinan kasih sayang di antara manusia dalam suatu persahabatan. Sebagian orang ada yang menggunakan istilah silaturrahmi dengan silaturrahim, substansi maknanya sama saja.
Dalam Islam silaturrahmi harus diwujudkan dalam kehidupan bermasyarakat, termasuk di dalammnya bertetangga, bersahabat, bergaul dalam kontek kehidupan yang lebih luas. Siaturrahmi telah digariskan oleh Rasulullah dalam sabdanya" Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya maka hendaknya dia menjalin silaturrahmi dengan tetangganya".

Suatu hari malaikat Izrail, malaikat pencabut nyawa, memberi tahu Nabi Daud a.s., bahwa si Fulan tinggal enam hari lagi akan dicabut nyawanya.

Jam berganti jam, hari berganti hari. Lewatlah deadlineyang disampaikan oleh Izrail tentang si Fulan itu, tetapi nyatanya si Fulan itu masih tetap saja hidup terus. Maka, bertanyalah Nabi Daud kepada Izrail perihal kejadian ini.
“Mengapa si Fulan masih saja hidup terus, padahal engkau katakan beberapa hari yang lalu umurnya tinggal enam hari lagi, ya Izrail? Sekarang enam hari sudah berlalu sejak kau mengatakannya padaku, gerangan apakah ini?
Izrail memberi penjelasan kepada Nabi Daud. “Sebetulnya, aku sudah akan mencabut nyawanya tepat di hari yang aku katakan padamu itu. Tetapi, kemudian Allah memerintahkan kepadaku agar menunda dulu hal itu.”
“Mengapa demikian, ya Izrail?”
“Sejak hal itu aku katakan kepadamu, si Fulan tampak rajin menyambung tali persaudaraan dengan sesama saudaranya yang sudah putus. Karena itu, Allah memberi tambahan umur selama 20 tahun kepadanya.”
Beberapa hal yang bisa diambil manfaat dari silaturrahmi adalah:
1. Silaturrahmi diridhoi Allah. Apapun yang kita lakukan dalam menuai kebaikan melalui silaturrahmi selalui diridhoi Allah, kalau Allah saja sudah meridhoi apa yang kita inginkan niscaya Allah mengabulkannya.
2. Memanjangkan usia. Panjang usia diharapkan semua orang, ya jelaslah karena banyak silaturrahmi itu akan menuai doa dan memperbanyak saudara akan mendoakan kesehatan, kemakmuran dan kelapangan rizki kita. Tentunya yang diharapak melalui silaturrhmi ini Allah memberikan usia yang panjang dan berkualitas penuh ridho Allah. Hal ini harus diisi dengan pengabdian yang hakiki kepada-Nya.
3. Melapangkan rizki. Dengan silaturrahmi timbul rasa kasihan, rasa kebersamaan, rasa kekeluargaan bahkan rasa persamaan ideologi dan filosofis hidup. sebagaimana sabda Rasulullah di atas.
4. Disenangi malakiat dan dimarahi Syetan. Silaturrahmi ternyata amal yang rutin dilakukan oleh para Malaikat Allah. Malaikat selalu mendampingi ketika kita berbuat kebajikan, apalagi menebar kebaikan untuk orang lain.
5. Membuat orang yang dikunjungi berbahagia. Hal ini amat sesuai dengan sabda Rasulullah SAW, "Amal yang paling utama adalah membuat seseorang berbahagia." Itulah manfaat silaturrahmi membentuk sikap terpuji dan mengkondisikan orang lain bahagia.
6. Disenangi oleh manusia. Sudah jelas dan pasti dengan silaturahmi orang yang dikunjungi pasti akan merasa senang dan orang lain yang tidak terlibat pun akan merasa senang melihat dan mengamati kita dalam bersilaturrahmi.
7. Membuat senang orang yang telah wafat. Sebenarnya mereka itu tahu keadaan kita yang masih hidup, namun mereka tidak dapat berbuat apa-apa. Mereka merasa bahagia jika keluarga yang ditinggalkannya tetap menjalin hubungan baik.
8. Memupuk rasa cinta kasih terhadap sesama, meningkatkan rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan, mempererat dan memperkuat tali persaudaraan dan persahabatan.
9. Menambah pahala setelah kematiannya, karena kebaikannya (dalam hal ini, suka bersilaturahmi) akan selalu dikenang sehingga membuat orang lain selalu mendoakannya.

2 comments:

  1. subhaanalloh,,!! begitu besarnya dan begitu banyaknya manfa'at bersilaturrahmi.
    ighfirlana ya robb.

    ReplyDelete
  2. amiiin....
    mangkanya jgn tidur mlulu mas bro...!!!

    ReplyDelete

daftar isi